IKLAN

Kamis, 15 September 2011

Khasiat Biji dan Buah Pepaya

Buah pepaya, mudah sekali didapat, murah dan yang terpenting memiliki banyak sekali manfaat. Khasiat pepaya salah satunya adalah mengandung banyak vitamin A dan C selain vitamin dan mineral yang lain. Selain itu, tidak hanya buahnya, bagian akar, getah, biji dan daunnya juga bermanfaat.
Manfaat pepaya tidak terlepas dari enzim papain yang terkandung di dalamnya. Enzim papain sangat bermanfaat untuk tubuh. Manfaatnya antara lain mempercepat proses pencernaan terutama zat protein yang sulit untuk dicerna oleh tubuh. Buah pepaya sendiri tidak mengandung banyak protein namun berkat papain, semua protein itu dapat dicerna dan sekaligus diserap oleh tubuh.
Papain membantu proses pembentukan arginin yang mempengaruhi produksi hormon untuk pertumbuhan manusia. Hormon ini nantinya berperan dalam mengurangi lemak tubuh, menyehatkan otot dan mencegah kanker payudara. Enzim papain dalam buah pepaya juga bermanfaat untuk membuang racun di dalam tubuh, mempercepat proses pencernaan lemak dan karbohidrat. Khasiat pepaya juga berperan sebagai zat antiseptik dalam tubuh yang bisa menghambat bakteri merugikan. Mencegah berbagai penyakit seperti gangguan ginjal, gangguan haid, dan tekanan darah tinggi merupakan manfaat pepaya yang lainnya.
Buah pepaya yang matang juga mengandung zat penting tubuh yakni betakaroten. Bahkan buah pepaya memiliki kandungan yang lebih tinggi disbanding buah lainnya. Betakaroten ini adalah antioksidan yang berperan mencegah serangan radikal bebas dan mencegah kanker.
Pepaya tidak hanya bermanfaat bagian buahnya tapi juga bijinya. Biji pepaya bisa digunakan untuk mengobati penyakit cacing yakni dengan mengunyah sesendok teh biji saat perut kosong. Biji pepaya juga membantu mengatasi masuk angin, diare dan gangguan pencernaan. Khasiat pepaya dari bijinya juga terlihat dari manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata. Biji pepaya mengandung zat likopen yang penting untuk membuat mata tetap sehat dan berbinar. Mulailah mengonsumsi biji pepaya sebanyak sepuluh butir setiap hari maka Anda akan merasakan manfaatnya. Biji pepaya juga dapat untuk menghitamkan rambut. Caranya segenggam biji buah pepaya disangrai sampai kering kemudian ditumbuk. Lalu disaring, tambahkan sedikit air dan oleskan ke rambut.

http://pusatmedis.com/khasiat-biji-dan-buah-pepaya_735.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar