IKLAN

Kamis, 15 September 2011

Nanas, buah kaya serat untuk pengobatan

Pohon Nanas
Nanas, buah kaya serat untuk pengobatan
Nanas banyak mengandung vitamin A dan C yang bermanfaat sebagai antioksidan. Seain itu juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain. Bromelain berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan seratnya dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit.
Buah berdaun tajam ini jika telah masak memiliki manfaat sebagai pendingin seperti untuk kasus panas dalam, dapat mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan, membantu pencernaan makanan di lambung, berfungsi sebagai antiradang, peluruh kencing, membersihkan jaringan kulit yang mati, mengganggu pertumbuhan sel kanker, dan menghambat penggumpalan trombosit.
Beberapa resep yang dapat dicoba dan manfaatnya:
1. Parut dan peras nanas masak, atau dibuat jus.
Khasiat: cacingan, radang tenggorokan, Beri-beri, menurunkan berat badan, masalah pencernaan
2. Cuci bersih daun nanas kemudian tumbuk halus, balurkan pada yang sakit.
Khasiat: luka bakar, gatal, dan bisul
3. Sediakan 1/4 buah nanas masak. Kupas kulitnya, lalu parut, peras, dan saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk sampai rata.
Khasiat: mengatasi ketombe. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam sebelum tidur. Keesokan paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.
4. Sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya, lalu parut.
Khasiat: mengatasi peradangan kulit. Hasil parutan gunakan untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas. Lakukan sekali sehari, malam sebelum tidur. Keesokan paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari.
5. Pilih 3 buah nanas yang belum terlalu matang dan sedikit asam. Parut dan peras atau ambil airnya.
Khasiat: mengatasi sembelit.
Buah Nanas
Nanas, buah kaya serat
Yang perlu diwaspadai, nanas juga memiliki efek samping:
1. Nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Karena itu, nanas dapat digunakan untuk melancarkan terlambat haid. Karena itu, perempuan hamil dilarang mengkonsumsi nanas muda.
2. Memicu rematik. Di dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Ini bisa memicu kekambuhan rematik gout. Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.
3. Meningkatkan gula darah. Buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Jadi, bagi penderita diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.
4. Menimbulkan rasa gatal. Terkadang sehabis makan nanas segar, mulut dan lidah terasa gatal. Namun untuk gangguan ini dapat dihindari dengan merendamlah potongan nanas dalam air garam sebelum dimakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar